Artikel, Load Restraint

Apa Yang Dimaksud Ratchet Lashing Serta Fungsinya di Industri

Kenali apa itu Ratchet lashing dan fungsinya di industri

Ratchet lashing seringkali dinamakan sebagai cargo strap, termasuk salah satu alat bantu yang digunakan untuk pengikatan material atau barang yang diangkut memakai transportasi tertentu. Melalui tali ratchet ini, membuat ikatan barang membuat kekuatannya lebih terjamin serta lebih aman dibandingkan mengikatnya memakai tali biasa.

Ratchet belt memiliki bentuk mirip seperti sabuk, dengan bagian ujung memiliki pengait khusus sebagai pengencang ikatan. Material tali ini biasanya berbahan dasar polyester. Memiliki kualitas yang cukup kuat dipakai sebagai penahan atau pengikat.

Ratchet lashing dibuat sesuai standar tertentu. Biasanya standar yang digunakan memakai British Standard EN 12195-2. Ini adalah sebuah standar yang kerap digunakan banyak produsen yang jual ratchet lashing yang ada di seluruh dunia.

Fungsi Ratchet Lashing

Fungsi ratchet lashing itu sendiri digunakan untuk mengamankan kargo ketika pemindahan, pengangkutan atau penyimpanan. Menawarkan metode pengikatan yang ringan, modern dan mampu diandalkan sebagai pengaman berbagai jenis beban. Ratchet belt memiliki keuntungan yang signifikan jika dibandingkan dengan sistem pengamanan lainnya.

Tali ratchet adalah tali pengikat yang bisa dipakai kembali, lebih hemat biaya karena memakai anyaman polyester dan ratchet belt. Biasanya digunakan untuk menggantikan rantai, tali, dan kabel untuk transportasi. Ratchet belt memiliki gaya tegang.

Ratchet lashing menjadi solusi lashing paling efektif, yang tak hanya berguna mengamankan beban yang berukuran kecil melainkan juga beban yang berbobot besar. Memiliki desain yang simple, dengan keuntungannya dapat dijadikan alternatif wire lashing yang ideal.

Hal tersebut itulah yang memungkinkan banyak orang lebih memilih opsi ratchet belt ketimbang rantai dengan bobot yang berat.

Kegunaan Ratchet Lashing di Industri

Ratchet Lashing Belt

Ratchet lashing sendiri banyak dijumpai di dalam industri logistik. Dimana fungsi utama tali ratchet ini dipakai untuk mengikat dan menahan barang atau beban. Tali ratchet biasanya ideal dipakai untuk operasi pengangkutan barang menggunakan sepeda motor atau mobil pick up atau bak terbuka.

Ratchet  belt ini biasanya banyak dijumpai dalam industri logistik karena kegunaannya untuk pengikatan beban/barang supaya tidak gampang terbentur dan berpindah saat dipindahkan

Tak hanya itu saja, ratchet lashing banyak juga diterapkan untuk mengikat kargo atau barang di pesawat. Bayangkan saja jika didalam truk, kapal, atau pesawat jika barang-barang tidak diikat dengan kuat, barang-barang ini pasti akan terlempar kemana-mana dan akan terbentur.

Hal ini tentu akan merusak barang. Beberapa diantaranya sering ditemukan di pesawat militer, seperti ketika menjalankan misi tanggap bencana.

Kelebihan Penggunaan Ratchet Lashing

Kelebihan penggunaan cargo strap

Ada beberapa kelebihan menggunakan ratchet lashing yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan aplikasi pekerjaan Anda, berikut ini :

1. Dapat Diandalkan

Tali ratchet umumnya mempunyai anyaman yang sangat kuat, bersifat non abrasive, tahan cuaca, memiliki daya regangan rendah, seperti halnya anyaman polyester. Ini artinya kargo atau beban akan dikencangkan dengan aman tanpa kerusakan dan bisa diangkut dalam berbagai kondisi cuaca.

2. Tersedia Dalam Berbagai Ukuran

Tali pengikat ini memiliki ukuran 10 sampai 12 meter, dan ukuran ini memang merupakan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini sudah ada begitu banyak produsen rachet lashing di Indonesia dan luar negeri. Setiap produsen diwajibkan menerapkan standar kualitas barang yang ketat untuk produk yang mampu menjaga keamanan.

Apapun pekerjaan yang akan ditangani, ratchet lashing siap membantu Anda. Karena tali ratchet tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga bisa menangani pekerjaan ringan hingga berat sekalipun. Bahkan ada versi mini ratchet belt yang ideal untuk mengikat beban dengan kekuatan mencapai 1.500 kg.

Pada aplikasi berskala lebih besar, Anda bahkan bisa memilih ratchet belt yang berukuran 20 meter dengan kekuatan mencapai 20 ribu kg.

3. Bisa Diaplikasikan Dengan Berbagai Perlengkapan

Ratchet lashing hadir dengan berbagai macam kelengkapan yang dapat digunakan pada berbagai aplikasi, tergantung kebutuhan. Fitting yang bisa digunakan adalah flat snap hook, d-rings, e-track double stud fittings, flat hooks, vinyl coated wire hooks, e-track fittings, dan masih banyak lagi.

4. Mudah Dioperasikan

Karena sistem ratcheting pada tali ratchet tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan mekanis untuk mengencangkan beban agar memastikan semuanya aman. Selain itu, mereka juga dapat membuat aktivitas bongkar muat kargo yang besar, lebih cepat dan mudah tanpa membutuhkan banyak tenaga manusia.

5. Lebih Aman

Karena kargo Anda dapat diamankan dengan baik menggunakan ratchet lashing, Anda pun bisa mengangkutnya dengan leluasa karena kargo tersebut dijamin tidak akan jatuh dari truk pick up, trailer, rak atap hingga merusak kargo selama prosesnya.

Hal tersebut penting sekali di tempatkan di kawasan yang memiliki lalu lintas tinggi yang memfokuskan terhadap keselamatan orang lain dan properti perusahaan.

Cara Pakai Ratchet Lashing

Penggunaan cargo strap

Memakai ratchet lashing merupakan pilihan ideal untuk memastikan perjalanan atau pengiriman kargo dengan lancer. Biasanya tali ratchet digunakan oleh orang profesional untuk memastikan agar barang-barang tetap aman tidak bergerak selama perjalanan di dalam truk.

Untuk memudahkan pengecekan barang angkutan, Anda bisa mengandalkan ratchet belt dengan cara penggunaan berikut :

  • Pastikan trailer atau truk Anda mempunyai eye bolt yang tepat untuk tali ratchet. Silahkan untuk mencoba mengunci tali terlebih dahulu sebelum memuat kargo.
  • Masukkan kargo atau beban Anda ke trailer atau truk dengan strategis. Anda harus meminimalkan ruang antar tiap bagian dan tempat dudukan eyebolt sehingga tidak ada ruang untuk barang bergerak ketika diikat dengan kuat memakai ratchet lashing.
  • Masukkan setiap ujung tali ratchet ke dalam baut. Pastikan ujung tali yang longgar menghadap ke arah Anda atau ke luar.
  • Tarik ujung tali ratchet yang longgar untuk mengencangkannya. Anda akan melihat tali ratchet belt menjadi lebih kencang di sekitar kargo yang diikat.
  • Tarik sampai potongan terpasang dengan pas.

Tips & Warning

Beberapa tips ketika menggunakan ratchet lashing adalah jangan terlalu menekan benda tersebut, terutama jika benda rapuh. Tarik saja ratchet belt sampai Anda dapat melihat talinya sudah cukup kencang. Mengencangkan ratchet belt terlalu ketat bisa mengakibatkan tali rapuh dan patah. Intinya adalah tali dapat bekerja untuk membantu menahan sesuatu pada tempatnya.

Jika Anda menginginkan produk tali ratchet yang berkualitas, Anda bisa memilih produknya di Megajaya.co.id yang menyediakan berbagai pilihan ukuran menyesuaikan kebutuhan.

Warning

Ada beberapa peringatan dalam penggunaan tali pengikat, diantaranya :

  • Ratchet tidak boleh digunakan untuk mengangkat beban.
  • Tali pengikat ini tidak boleh kelebihan beban.
  • Jangan mengikat simpul pada anyaman.
  • Hindari posisi memutar pada cargo strap.

Cara Menghitung Kebutuhan Penggunaan Pada Ratchet Lashing

Sebelum Anda menggunakan ratchet lashing untuk kebutuhan pengikatan kargo, Anda harus tahu dulu bagaimana cara menghitung kebutuhan penggunaan pada ratchet belt.

Jika Anda diminta mengangkut barang, khususnya barang berat, maka Anda harus memakai penahan muatan dengan benar sebelum memulai perjalanan. Menggunakan peralatan penahan beban seperti halnya tali ratchet dapat mencegah beban agar tidak terlepas selama transit.

Kegagalan saat mengamankan muatan Anda bisa menyebabkan barang rusak, cedera, bahkan fatalnya bisa mengakibatkan kematian apabila muatan Anda tersebut menyebabkan kecelakaan.

Jika Anda mengangkut kargo melintasi benua atau hanya memindahkan palet yang dimuat menggunakan forklift di gudang, terlepas dari jarak tempuh yang Anda butuhkan tersebut, ratchet belt wajib digunakan. Ukuran yang wajib digunakan adalah ratchet belt 5 ton x 15 meter.

Anda harus tahu bahwa sama halnya dengan alat bantu lainnya yang digunakan untuk mengangkut beban,  tali ratchet mempunyai Batas Beban Kerja atau WLL dengan kekuatan putus minimum yang berbeda pula.

Adapun yang dimaksud dari kekuatan putus minimum ini adalah jumlah atau kapasitas beban yang bisa ditahan oleh ratchet lashing tanpa putus. Kekuatan putus dari setiap komponen ratchet belt diuji secara independen.

Dari titik putus minimum batas beban kerja bisa dihitung dengan cara mengambil 1/3 dari kekuatan putus. Ini artinya pengikatan ratchet lashing dengan kekuatan putus 300KG mempunyai batas beban kerja seberat 1000 kg.

Oleh karena itu, cek terlebih dahulu batas beban kerja ratchet lashing Anda sebelum digunakan, untuk memastikan ratchet lashing bisa menahan beban Anda.

Cara Merawat Ratchet Lashing

Cara merawat cargo strap

Seiring dengan seringnya Anda menggunakan ratchet lashing untuk pekerjaan pengikatan, maka ada kemungkinan tali akan mengalami aus, hingga akhirnya tidak dapat digunakan. Akan tetapi, jika Anda melakukan perawatan tali ratchet dengan benar, bukan tak mungkin pula tali Anda akan tetap aman dan awet.

Untuk menjaga agar tali berfungsi dengan baik, sebaiknya lakukan perawatan pada tali berikut ini :

  • Sebelum memakai cargo strap, pastikan Anda sudah mengecek kekuatan dan cek kondisi fisiknya terlebih dahulu. Jika ada tanda-tanda kerusakan terjadi, maka jangan gunakan tali tersebut.
  • Jauhkan tali dari paparan sinar matahari secara langsung ketika penyimpanan. Karena sinar matahari bisa mengakibatkan tali polyester menjadi rapuh serta bisa mengakibatkan tali kehilangan kekuatannya, hingga akhirnya patah ketika digunakan.
  • Simpan tali di tempat yang kering. Jika tali Anda basah, pastikan Anda sudah mengeringkannya dengan benar sebelum disimpan di tempat yang ideal untuk mencegah jamur.

Di Megajaya.co.id Kami menjual berbagai macam pilihan ratchet lashing berkualitas yang didesain secara khusus guna membantu proses pengangkutan muatan, dan Anda bisa memasangnya ke berbagai titik pengikatan. Beragam ukuran tersebut mulai dari:
1. Ratchet Tie Down 0,8 Ton x 5 Meter
2. Ratchet Tie Down 2 Ton x 8 Meter
3. Ratchet Tie Down 5 Ton x 8 Meter
4. Ratchet Tie Down 5 Ton x 10 Meter
5. Ratchet Tie Down 5 Ton x 12 Meter
6. Ratchet Tie Down 5 Ton x 15 Meter

Pertimbangan Ketika Memilih Ratchet Lashing

cargo strap

Sebenarnya tak ada cara paling mudah mengikat beban selain memakai ratchet lashing. Alat ini biasanya dikenal juga sebagai tali pengikat, terdiri atas tali yang bisa disesuaikan dengan mekanisme pengikatan. Jika Anda kebingungan memilih tali yang tepat untuk aktivitas pengikatan kargo, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan berikut ini :

  1.   Material

Anda harus mempertimbangkan pemilihan material tali yang dibuat. Kebanyakan tali biasanya terbuat dari bahan polyester. Tali ini memberikan konstruksi anyaman polyester yang kuat, tahan air dan tahan lama. 

Karena itu, anyaman polyester adalah pilihan material yang tepat pada cargo strap. Anda juga bisa menemukan tali yang terbuat dari anyaman nilon, namun anyaman polyester adalah material yang banyak disukai.

  1.   Lebar Tali

Ada beberapa tali yang memiliki lebar 2 inchi, sementara tali lainnya memiliki lebar sekitar 4 inchi. Tali ratchet 2 inchi memang lebih kecil, oleh karena itu lebih mudah dalam mengikat atau membungkus beban. Sementara di sisi lain, ratchet lashing 4 inci lebih kuat serta bisa memberikan tingkat keamanan lebih tinggi pada beban.

  1.   Panjang

Anda juga bisa mempertimbangkan panjang tali ketika memilih ratchet lashing. Jika kebanyakan tali memiliki lebar 2-4 inchi, namun untuk panjangnya sendiri tersedia dalam berbagai macam ukuran. Anda harus memilih tali pengikat yang cukup panjang agar dapat menahan beban yang akan digunakan.

  1.   Batas Beban Kerja (WLL)

Pertimbangan saat memilih tali lainnya ialah batas beban kerja. Biasanya batas beban kerja ini mengacu terhadap jumlah berat maksimum yang bisa ditahan oleh tali. Batas beban kerja yang tinggi menunjukkan tingkat kekuatan superior, karenanya dapat memberikan ketenangan saat menggunakan tali untuk menghindari terjadinya kegagalan selama penggunaan.

Dengan mempertimbangkan keempat poin di atas, Anda pun bisa memilih ratchet lashing sesuai kebutuhan. Tali ratchet Powertec telah dibekali oleh banyak keunggulan, karena terbuat dari bahan dasar 100% multifilament polyester.

Memiliki kekuatan untuk menahan beban lebih kuat bahkan tak gampang rusak. Jika Anda memilih tali Powertec di Megajaya.co.id, maka tali akan lebih mudah dibersihkan serta minim perawatan. Brand Powertec sendiri adalah brand ternama produk-produk lifting atau alat bantu angkut yang ideal untuk pekerjaan Anda!

Ratchet Lashing Powertec di Mega Jaya

Untuk anda yang membutuhkan alat ini, anda bisa mendapatkan di Mega Jaya. Jangan khawatir, barang yang diberikan sudah tersertifikasi dan dijamin kualitasnya. Untuk harga Ratchet Lashing yang kami berikan juga sudah cukup bersaing. Tunggu apalagi ijinkan kami menjadi solusi dari masalah Anda. Terimakasih.

PT. Sumber Mega Jaya adalah perusahaan distributor Ratchet Lashing. Kami menyediakan produk Ratchet Lashing dengan berbagai macam spesifikasi. Pastikan anda menghubungi kami jika ada pertanyaan dan kebutuhan mengenai produk cargo strap. Caranya mudah, silahkan klik tombol di pojok kanan bawah halaman ini untuk berbicara dengan customer service kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *