Operational Hours
Monday – Friday : 08.30 – 16.30
Saturday : 08.30 – 15.00

Mengenal Lebih Dekat Industri Forestry and Loging di Indonesia

Ada begitu banyak bentuk industri di Indonesia yang sangat diharapkan untuk dapat menyumbang dan menyokong pendapatan negara dan salah satunya adalah bidang forestry and loging. Ini merupakan bidang perhutanan dan pemanfaatan sumber daya di hutan. Meskipun tidak sebesar perikanan maupun pertanian, namun sektor ini benar-benar penting dan juga memberikan pengaruh yang besar pada ekonomi namun tidak meninggalkan kelestarian lingkungan sekitar.

Bidang Kerja Forestry and Loging

Yang dimaksud dengan kehutanan merupakan sebuah praktik untuk mengelola, membuat, menggunakan sekaligus melestarikan hutan dan isinya yang ditujukan untuk kepentingan manusia. Banyak sekali bidang kerja dan usaha yang ada di dalam perhutanan ini sehingga Anda harus benar-benar memahami maksud sesungguhnya karena bidang ilmu yang satu ini sangat luas. Semua hal yang berkaitan dengan perhutanan ini pun juga sudah diatur dengan baik di dalam undang-undang.

Dengan demikian, pemanfaatan isi hutan dilakukan dengan hati-hati sembari menjaga kelestarian lingkungannya. Ada beberapa teori tentang pengelolaan hutan ini dan salah satunya adalah kehutanan konvensional. Ini meliputi penambangan kayu yang dikenal pula dengan sebutan ilmiahnya yaitu TE atau Timber Extraction sekaligus juga perkebunan kayu atau uan lebih dikenal pula dengan sebutan TM atau Timber Management. Selain itu, ada pula teori Kehutanan Modern.

Di dalam forestry and loging ini, terdapat yang namanya kehutanan sosial dimana ini mencakup pengelolaan hutan yang dijadikan sebagai Forest Resource Management dan juga Forest Ecosystem Management atau pengelolaan hutan untuk dijadikan sebagai ekosistem. Keduanya dapat pula dikenal dengan istilah SFM atau Sustainable Forestry Management. Ketiganya sudah berkembang secara evolutif sejak adanya penambangan kayu hingga pengelolaan hutan untuk ekosistem ini.

Bidang Penerapan Ilmu Forestry and Loging di Indonesia

Hutan pada dasarnya terbentuk dari 2 metode yang berbeda yaitu secara alamiah atau dengan buatan. Teknologi masa kini sudah mulai menciptakan inovasi untuk dapat mengamblikan kembali fungsi hutan dimana bagian pengelolaannya lebih dititikberatkan untuk kepentingan bersama secara menyeluruh. Memang benar bahwa sekarang teknologi semakin dikembangkan pada bidang forestry and loging ini sehingga terjalin dengan baik antara sumber daya dengan keuntungan bersama itu.

Ada begitu banyak sekali bidang kerja untuk perhutanan ini dan bukan hanya sekedar memotong kayu kemudian kayu diolah menjadi hasil output tertentu melainkan masih memiliki banyak hal yang lebih mendetail seperti:

  • Konservasi hutan

    Di dalam bidang ini, tugas yang harus dilakukan adalah untuk melindungi bagian hutan dan termasuk ke dalam tugas untuk melestarikan hutan. Di dalam bagian ini, berbagai macam lembaga terkait hingga kementerian hutan pun juga akan melakukan tugasnya demi menjaga kelestarian hutan yang semakin berkurang populasinya.

  • Teknologi hasil hutan

    Sesuai dengan namanya, maka bidang yang satu ini akan berurusan dengan hasil hutan seperti industri kayu yang akan dijadikan berbagai macam produk termasuk di dalamnya adalah pengembangan bisnis wirausaha terkait dengan hutan dan sebagainya. Pada intinya, bidang ini benar-benar memberikan keuntungan namun pemanfaatan hasil hutan ini haruslah berdasarkan dengan aturan dan undang-undang yang ketat sehingga tidak ada perusakan hutan yang akan berakibat buruk bagi lingkungan.

  • Budidaya hutan

    Di dalam budidaya ini, yang Anda butuhkan adalah bagian tentang penyediaan bibit tanaman untuk hutan atau membangun kembali hutan itu mulai awal. Bahkan di dalam bidang ini, Anda bisa juga dapat bergantung pada penanaman bibit pohon dengan varietas berbeda yang ditujukan untuk pengembangan dan produksi.

Peran Industri Forestry and Loging Untuk Perekonomian Indonesia

Anda mungkin tidak terlalu menyadari jika sesungguhnya bidang forestry and loging ini memegang kendali dalam perekonomian Indonesia bahkan bidang ini juga dijadikan sebagai mata pencaharian penduduk yang miskin untuk menggunakan hasil hutan berupa kayu yang diolah maupun juga dijual kembali. Jika hutan itu tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, maka sudah jelas jika mata pencaharian penduduk lokal bisa hilang dan ini berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat.

Ini artinya, pemerintah pun juga harus turun tangan dalam mengintegrasikan berbagai macam nilai dari ekosistem sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Disini pemerintah wajib untuk meninjau kembali seluruh strategi dalam pembangunan khususnya di bidang ini. Ekonomi hijau saat ini sedang gencar diterapkan dimana konsep yang satu ini memang sangat dipercaya begitu menguntungkan dan sekaligus mampu untuk menekan adanya emisi gas dari karbon dioksida yang mencemari

Alat Bantu yang Banyak Digunakan Dalam Bidang Forestry and Loging

Proses pemanfaatan dari hasil hutan dapat dilakukan dengan cepat sekarang mengingat sudah begitu banyak yang namanya alat bantu lifting atau angkat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan kayu khususnya kayu yang masih utuh dalam bentuk batangan besar. Beberapa alat yang paling sering terlihat di dalam proses loging atau industri perhutanan adalah

Body Harness

Ini merupakan alat pengaman yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko cedera yang fatal diakibatkan karena jatuh dari ketinggian. Perangkat ini mampu melindungi seluruh tubu mulai dari panggul, dada, paha bagian atas hingga bahu. Alat ini memiliki D-ring yang diletakkan pada bagian punggung sekaligus dapat dipasangkan pada lanyard lifeline

Ini merupakan alat yang bentuknya seperti loop logam dan digunakan untuk pengaman dari kaitan tali. Umumnya alat ini sering terlihat pada aktivitas yang berkaitan dengan alam seperti flying fox, wall climbing maupun rock climbing. Alat ini dikenal cukup sensitif dengan yang namanya gesekan sehingga jika sering jatuh, maka alat pun akan mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi sebagai pengaman.

Ini merupakan sebuah tali yang terbuat dari bahan serat dan buatan manusia yaitu serat polypropylene. Resin dari serat ini akan diolah sampai berubah menjadi serat filament dan kemudian serat filament ini akan dipilin untuk membentuk strand. Selanjutnya strand ini pun akan dipilin kembali hingga akhirnya menjadi seutas tali atau rope.

Ini merupakan sling yang terbuat dari bahan sintetik yang dibungkus dengan menggunakan pembungkus sintetik kembali dan kemudian dibentuk secara melingkar namun tetap memiliki fungsi yang sama dengan sling lainnya yaitu untuk mengangkat maupun menarik beban..

PT Sumber Mega Jaya Menjadi Tempat Tepat Untuk Membeli Chain Block Terbaik

Tentu saja jika Anda ingin mencari dimana Chain Block yang berkualitas ditambah juga dengan berbagai alat bantu lifting yang lain, maka PT. Sumber Mega Jaya merupakan tempat yang paling tepat untuk Anda. Mereka bukan perusahaan penyedia suplai alat bantu angkat yang baru melainkan sudah sangat lama ada sejak tahun 1983 silam. Sudah lebih dari 30 tahun mereka muncul dan masih bertahan sampai sekarang sebagai agen resmi penyedia berbagai macam alat bantu konstruksi.

Semua barangnya available atau tersedia sehingga Anda tidak perlu sistem PO sama sekali dan bisa langsung membelinya bahkan dalam jumlah partai atau grosir sekalipun. Jika Anda merasa bingung menentukan apa yang akan Anda pilih dan beli, maka cukup konsultasikanlah secara gratis dan CS yang bertugas akan langsung memberikan Anda rekomendasi alat yang paling tepat dan yang Anda butuhkan demi kelancaran proses forestry and loging. Klik Icon Whatsapp di pojok kanan bawah untuk segera mendapatkan penawaran menarik kami.

Related Product