Categories
Show More Show Less

Cart


Operational Hours
Monday – Friday : 08.30 – 16.30
Saturday : 08.30 – 15.00

Cart

Jual Material Handling Hand Pallet Berkualitas & Original

Temukan Material Handling Hand Pallet 3 Ton & Hand Pallet 5 Ton Disini!

Material Handling

Grid List

Menampilkan semua 3 hasil

Pengertian Material Handling

Material handling mengacu pada kegiatan pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lain. Istilah ini tidak hanya terbatas pada proses pemindahan barang, melainkan juga melibatkan kegiatan penyimpanan, perlindungan, dan kontrol produk saat melewati proses pembuatan, distribusi, konsumsi, dan pembuangan. Dalam prosesnya, terdapat berbagai jenis material handling berupa peralatan dan sistem yang saling mendukung satu sama lain.

Jenis Material Handling

Jenis material handling sendiri dapat dibedakan berdasarkan sistem yang dipergunakan, yaitu:

  1. Manual: Pada sistem manual, segala jenis pekerjaan dilakukan secara manual oleh pekerja mulai dari mengangkat, membawa, dan mengantarkan barang. 
  2. Semi otomatis: Pada sistem otomatis, para pekerja melakukan pekerjaan dengan bantuan mesin dan peralatan bantu lainnya seperti troli dan tram.
  3. Otomatis: Pada sistem ini, semua pekerjaan dilakukan mesin dan robot, sehingga menggantikan sistem manual sepenuhnya.

Secara umum, material handling lebih banyak mengacu pada jenis peralatan yang dipergunakan dan terbagi menjadi 4 kategori yaitu:

  1. Bulk material handling
    Jenis ini mengacu pada peralatan yang dipergunakan untuk memindahkan, mengontrol, dan menyimpan barang-barang dalam jumlah besar/masal. Beberapa contoh peralatan yang termasuk kategori ini adalah hoppers, reclaimers, conveyor belt, stackers, dan bucket elevator. 
  2. Engineered systems
    Kategori ini sering juga disebut dengan sistem otomatis dimana semua pekerjaan dilakukan oleh mesin. Beberapa contoh dari engineered system adalah automated storage and retrieval system, automated guided vehicles, robotic delivery system, dan conveyor system
  3. Industrial truck
    Ragam peralatan yang masuk dalam jenis ini dipergunakan khusus untuk urusan transportasi atau pemindahan barang. Beberapa contoh peralatan yang termasuk kategori ini adalah hand truck, sideloaders, pallet truck atau forklifts, dan order pickers.
  4. Storage and handling equipment
    Sesuai dengan namanya, peralatan ini dipergunakan dalam proses penyimpanan barang baik. Contoh peralatan yang dipergunakan adalah laci, rak, mezzanines, dan stacking frames.

Jenis material handling juga dapat dibedakan berdasarkan jalur yang dilewati, yaitu:

  1. Material handling equipment dengan jalur tetap. Peralatan yang dipergunakan mengikuti jalur yang sudah ada dan tidak dapat diubah, contohnya seperti conveyor belt.
  2. Material handling equipment dengan jalur fleksibel. Peralatan yang dipergunakan dapat dikendalikan sesuai dengan kebutuhan, contohnya forklift, truk, loading ramp, dan hand pallet.

Jenis Material Handling yang Populer

Beberapa jenis material handling dalam bentuk peralatan yang populer dan umum ditemukan dalam dunia industri adalah:

  1. Hand pallet
    Hand pallet dapat diibaratkan sebagai sebuah truk mini dengan 4 roda dan kemudi. Peralatan ini dipergunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban dengan berat yang beragam, mulai dari 3 ton hingga 5 ton. Hand pallet tersedia dalam model manual, semi electric, dan full electric.
  2. Loading ramp
    Jenis ini mengacu pada peralatan dengan bidang miring yang dipergunakan dalam proses pemindahan dan penurunan barang. Alat ini memiliki kemampuan untuk menahan beban hingga 12 ton dengan ukuran lebar hingga 4 meter.
  3. Stacker
    Peralatan ini dipergunakan untuk mengambil, meletakkan, dan mengangkat barang hingga ketinggian tertentu. Stacker tersedia dalam model manual, semi electric, dan full electric
  4. Forklift
    Forklift merupakan alat angkut untuk menaikturunkan dan memindahkan beban dengan kapasitas besar. Kapasitas daya angkat alat ini berkisar antara 1-10 ton dan mampu mengangkat beban hingga ketinggian 3-6 meter.
  5. Crane
    Crane adalah jenis terbesar yang punya daya angkat sangat besar, kemampuan berputar hingga 360 derajat, dan memiliki daya jangkau hingga puluhan meter. Maka tidak heran bila alat ini banyak dipergunakan dalam industri berskala besar seperti pelabuhan, gudang besar, serta berbagai pengerjaan proyek berskala raksasa.

Cara Memilih Jenis Peralatan yang Tepat

Bagaimana cara memilih peralatan yang tepat dari sekian banyak jenis material handling yang tersedia? Simak tips berikut:

  1. Sifat dan tipe material
    Kenali terlebih dahulu sifat dan tipe material barang yang akan dipindahkan. Berat, ukuran, serta bentuk dari material barang misalnya benda padat, cair, ataupun gas tentu saja akan mempengaruhi jenis peralatan yang dipergunakan.
  2. Layout dan kondisi struktural
    Pemilihan peralatanhandling perlu disesuaikan dengan kondisi struktural dimana peralatan tersebut akan dipergunakan. Hal ini berkaitan erat dengan ukuran peralatan, kemudahan dalam proses navigasi, serta kemampuan peralatan dalam mencapai ketinggian area penyimpanan material.
  3. Alur produksi
    Alur produksi yang tetap dan tidak banyak berubah dapat mempergunakan jenis material handling yang bersifat tetap, sementara alur produksi yang sering berubah membutuhkan peralatan yang lebih fleksibel.
  4. Biaya
    Pertimbangan biaya meliputi biaya pembelian peralatan, biaya pemasangan dan konstruksi, biaya operasional sehari-hari, serta biaya perawatan.

Peralatan yang dipilih hendaknya dapat memenuhi tuntutan dan standar produksi yang ada. Pemilihan peralatan yang tepat mendukung efektivitas dan efisiensi kerja, sehingga menjadi salah satu investasi yang menguntungkan.Dapatkan peralatan material handling original, terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Mega Jaya!

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]