Artikel, Rope

Tali Nilon: Pengertian, Ukuran, Jenis, Hingga Penggunaan Untuk Industri

pengertian tali nilon dan fungsinya

Tali nilon adalah sejenis tali dari bahan serat yang memiliki kekuatan sangat tinggi yakni dari serat nilon. Serat nilon termasuk serat sintetis yang bersifat fleksibel dan sangat kuat sehingga memiliki harga yang cukup mahal. 

Saat ini, nilon lebih banyak dibuat menjadi bahan tali karena terbuat dari serat terkuat dari bahan kimia / sintetis. Hal ini menyebabkan tali ini memiliki kelebihan seperti mempunyai daya tahan panas matahari paling baik, fleksibel, tahan gesekan dan juga dapat menerima hentakan yang kuat. Namun, mempunyai kelemahan dari segi bobot/beratnya. 

Ada beberapa kegunaan dan fungsi tali nilon dalam bidang perkapalan diantaranya banyak diaplikasikan untuk kegiatan lifting, towing, dan mooring kapal.

Untuk Kebutuhan Industri

gambar-tali-nilon

gambar tali nilon

Tali nylon memiliki peranan yang sangat penting di berbagai dunia industri, diantaranya untuk industri pertanian, perkapalan, lifting, konstruksi dan masih banyak lagi.

1. Industri Pertanian dan Peternakan

Dalam industri pertanian dan peternakan, tali ini biasa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan jala / jaring ikan. 

Jenis tali yang biasa digunakan untuk membuat jala yaitu benang tipis atau tali yang dirajut sehingga membentuk lembaran jaring untuk bisa menampung ikan. Awalnya, jala dibuat dari bahan tali berbahan organik seperti wol atau sutra. Namun, kini penggunaannya lebih sering memakai tali tambang berbahan sintetis seperti tali nylon.

Pemilihan jenis tali ini sebagai bahan pembuatan jala dikarenakan tali tambang ini mempunyai kekuatan cukup baik saat menarik ikan berjumlah banyak. Disamping itu, penggunaannya juga lebih awet dan gampang dirawat.

Ada beberapa jenis jala dari tali tambang diantaranya pukat (jaring panjang dan besar), jaring lingkar, jaring lempar, dan jaring angkat.

  • Industri Kapal dan Kelautan
    Tali kapal atau tali yang diaplikasikan dalam bidang perkapalan dan kelautan juga menggunakan tali tambang. Adapun salah satu jenis tambang yang cukup populer untuk pemanfaatan kapal laut ialah terbuat dari serat nilon. Tali berbahan nilon dipilih karena memiliki elastisitas dan tingkat penyerapan guncangan yang baik. Sayangnya tali ini akan mudah melemah saat kondisinya basah sehingga jika diaplikasikan menjadi tali jangkar, tali ini harus sering diganti.Aplikasi tali tambang ini untuk industri kapal dan kelautan sendiri biasa dipakai untuk penarikan kapal atau towing dan penambatan kapal alias mooring. Beberapa karakteristik dari tali kapal nilon diantaranya tidak akan mengambang di air.Tali ini memiliki ketahanan putus tinggi, tahan lama  dan awet hingga bertahun-tahun. Serta tahan terhadap hentakan dan sentakan, tahan terhadap gesekan tinggi, anti sinar UV, tahan panas, tidak dapat didaur, anti cairan korosif dan anti minyak.
  • Industri Lifting
    Tidak hanya kuat, jenis tali berbahan nilon mempunyai karakteristik yang tahan gesekan, lebih elastis, memiliki kemampuan menerima hentakan atau hentakan tinggi. Jadi tali dari nilon ideal untuk penambatan kapal, penarikan, pengaman atau shock lines dan aplikasi pada industri lifting.

Jenis-Jenis Nylon Rope

 

contoh-macam-macam-tali-nilon

Ada 3 jenis tali nilon yang sering dijumpai dalam aplikasi industri sehari-hari, diantaranya :

1. Tali Nilon Plastik

Tali ini terbuat dari serat nylon yang kuat dengan campuran bahan PVC-nya. Tali ini biasanya sangat ideal digunakan untuk berbagai aplikasi atau kegunaan seperti untuk kemasan, kerajinan, mengikat, dekorasi, dan masih banyak lagi.

2. Tali Nilon Transparan

Tali ini biasanya terbuat dari bahan plastik LDPE dan PE berkualitas dengan daya tahan maksimal, serta bisa menahan berat beban berjumlah besar. Ada berbagai pilihan ukuran tali nilon transparan yang biasanya digunakan untuk barang kemasan, membawa buah-buahan, dan lain sebagainya.

3. Tali Nilon Bening

Sama halnya dengan jenis tali nilon transparan, biasanya tali ini dibuat untuk berbagai industri. 

Itulah beberapa jenis tali berbahan nylon yang sering dijumpai. Selain itu, ada berbagai pilihan ukuran tali nilon yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan aplikasinya.

Kekurangan dan Kelebihan Tali Nylon

tali-nilon

Seperti kita ketahui, berbagai jenis dan ukuran tali nilon yang dibuat mempunyai karakteristik yang bisa meregang hingga 10% dari ukuran sebelumnya sehingga membuatnya lebih fleksibel.

Bahan serat nilon sendiri mulanya dipakai sebagai bahan alternatif serat sutera, mengingat serat sutera yang kian langka di pasaran dan proses pengadaannya juga semakin lama. Hal ini membuat tali berbahan serat sintesis menjadi pilihannya. Tali ini sangat ideal bagi industri yang berkaitan dengan peralatan berat.

Ada beberapa kelebihan nylon rope yang membuatnya mudah dan cocok diapilkasikan untuk beberapa industri, diantaranya :

1. Memiliki Kekuatan Maksimal

Tali ini dipercaya memiliki kekuatan maksimal. Hal ini dikarenakan tali ini dipengaruhi breaking load value yang tinggi dan bagian permukaan pada tali tambang nilon juga bisa dikatakan cukup halus.

2. Tahan Terhadap Sinar UV dan Bahan Kimia

Tali ini mempunyai ketahanan terhadap sinar UV yang kuat jadi tidak mudah meleleh atau rapuh jika disimpan di bawah terik matahari cukup lama serta tahan terhadap pengaruh zat kimia. 

Ketahanan dan kekuatan tali ini tidak berpengaruh terhadap bahan-bahan kimia berbentuk gas, cair, maupun yang lainnya.

3. Bersifat Elastis

Pemakaian berbagai macam jenis dan ukuran tali tambang nilon untuk kegiatan sehari-hari pastinya bertujuan untuk dipakai secara fleksibel, gampang digunakan dan tidak kaku. Jenis ini memang mempunyai sifat elastis jadi saat pemakaiannya lebih fleksibel. Selain itu, tali ini memiliki tingkat elastisitas hingga 40% jika dibandingkan ukuran tali nilon aslinya.

4. Tahan Terhadap Abrasi

Tali tambang berbahan ini sangat cocok diaplikasikan untuk industri-industri yang berhubungan dengan air laut atau air tawar karena bersifat tahan terhadap abrasi. Hal ini tentu saja sangat menjamin tingkat kekuaftan tali jika digunakan dalam waktu yang lama.

5. Tidak Gampang Rusak

Tali ini juga sangat aman terhadap serangan jamur yang menyebabkan tali tambang rapuh. Hal tersebut dikarenakan serat nilon bisa dikatakan jarang dihinggapi jamur.

Selain memiliki beberapa kelebihan, tali ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :

  • Tidak cocok digunakan dalam aplikasi rigging mengingat elastisitasnya.
  • Dapat menyerap air jadi ketika dalam kondisi basah breaking load value-nya bisa berkurang hingga 20%.
  • Apabila terpapar bahan kimia yang berbahaya dapat meleleh.
  • Mudah tenggelam di air.
  • Apabila dipakai terus menerus bisa membuat tali memanas sehingga kekuatannya pun akan berkurang.

Beragam Ukuran

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan tali berbahan nylon dan fungsinya di industri, Anda dapat mencari pilihan ukuran yang beragam, mulai ukuran kecil hingga besar, menyesuaikan kebutuhan Anda:

Beli Tali Nilon di Megajaya

Dengan ukuran dan kapasitasnya yang beragam, tentunya Anda dapat membeli tali nilon kecil hingga besar berkualitas di Megajaya karena kami jual tali nilon dengan fungsi serbaguna, kualitas terjamin, dan dengan harga terbaik. Nylon Rope yang kami jual juga memiliki tingkat kekuatan tinggi serta mampu menyerap guncangan secara maksimal. Silahkan konsultasikan produk yang Anda inginkan di Megajaya sekarang juga.