Wire Rope Clip

Grid List

Showing all 4 results

Wire Rope Clip

Wire rope clip merupakan sejenis klem yang digunakan untuk mengunci bagian ujung wire rope sehingga memiliki mata. Pada aplikasinya, ujung wire rope ditekuk kembali hingga menyatu lalu dikunci dengan wire rope clamp.

Klem wire rope terdiri dari dua komponen yang terdiri dari besi atau baja berbentuk U dan saddle atau alat penahan yang memiliki dua baut atau moor sebagai penguncinya. Secara umum, diperlukan setidaknya dua sampai tiga klem seling baja agar wire rope bisa sepenuhnya aman.

Jenis wire rope clip

Terdapat dua jenis klem wire rope clip yang beredar di pasaran saat ini, yaitu drop forged clip dan malleable clip. Jenis klem seling baja drop forged clip menggunakan bahan galvanis yang sudah dilapisi dengan zinc sehingga lebih tahan korosi dan mampu digunakan dalam jangka panjang.

Jenis klem wire rope malleable clip merupakan jenis yang lebih ringan dan hanya mendukung tugas bersifat ringan seperti untuk pagar atau aplikasi lain yang tidak digunakan untuk mengangkat beban. Berbeda dengan jenis drop forged clip yang bisa diaplikasikan untuk tugas berat.

Megajaya sebagai distributor terlengkap dan terpercaya menjual berbagai tipe wire rope clamp yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk saat ini, megajaya menyediakan dua pilihan merk wire rope clamp yaitu Powertec dan Crosby.

Fungsi

Wire rope clamp merupakan sejenis alat yang difungsikan untuk membuat mata pada kawat seling atau wire rope secara manual (tidak memakai mesin). Klem seling baja ini termasuk salah satu alat rigging yang dimaksudkan untuk menahan mata wire rope agar tidak sampai lepas.

Klem seling baja didesain untuk mengunci ujung wire rope sehingga memiliki mata, dan alat ini tidak didesain untuk digunakan pada kondisi overhead lifting. Penggunaanya hanya dibatasi untuk menahan beban statis, bukan dinamis seperti mengangkat barang.

Untuk keperluan aplikasi berat seperti menahan beban yang melayang, jenis drop forged clip lebih disarankan karena kuat dan tahan korosi. Tapi untuk pemakaian rendah, jenis malleable clip dianjurkan.