Artikel, Girder Trolley

Simak! Ukuran Plain Trolley Berdasarkan Tonasenya

plain-trolley-1-ton

Bagi Anda yang bergelut di industri manufaktur, tentu sudah tahu dengan alat plain trolley. Sesuai namanya, plain trolley adalah alat yang berguna untuk memindahkan barang dari satu titik ke titik lainnya baik menggunakan tenaga manusia atau tenaga listrik. Ukuran plain trolley berdasarkan tonasenya memang berbeda-beda, mulai dari plain trolley 1 ton, plain trolley 2 ton, 3 ton hingga 5 ton.

Ukuran plain trolley 1 ton dan plain trolley 2 ton atau di atasnya sendiri dikarenakan menyesuaikan beban  kerja yang akan diangkat oleh alat ini. Karena alat ini memang bisa mengangkat benda dengan kapasitas yang bervariasi mulai dari hitungan ratusan kg sampai ton. Namun lebih dari itu, plain trolley 1 ton ini mempunyai ukuran yang sangat compact sehingga gampang dipindahkan.

Mengenal Plain Trolley Lebih Dekat 

Baik itu plain trolley 1 ton maupun plain trolley 2 ton, keduanya sangat penting bagi industri alat-alat berat. Setiap aktivitas bongkar muat beban atau barang dalam pekerjaan, terlebih untuk kebutuhan industri besar, baik konstruksi maupun yang lainnya tentu saja membutuhkan alat pengangkat yang biasa disebut sebagai lifting. Alat ini sangat penting untuk mempermudah pekerjaan lifting. Salah satu alat yang sering kita lihat adalah plain trolley.

Plain trolley yang menawarkan kapasitas tonase berbeda untuk berbagai kebutuhan, mulai dari plain trolley 1 ton, plain trolley 2 ton, plain trolley 3 ton, hingga plain trolley 5 ton. Mengingat alat ini dapat memindahkan barang atau beban dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan struktur karakteristik sederhana, tentu saja pemilihan kapasitas plain trolley harus disesuaikan dengan kapasitas beban yang diangkat.

Meskipun demikian, biasanya plain trolley 1 ton bekerja dengan cara digabungkan bersama alat lainnya seperti lever block, chain hoist, maupun chain block yang akan dipakai dalam  pengangkatan muatan untuk dipindahkan meskipun ukurannya berat. Adapun prinsip kerja plain trolley ini sebenarnya memakai tenaga manusia serta digunakan untuk proses pengangkatan beban berat. Akan tetapi dewasa ini sudah ada trolley yang menggunakan tenaga listrik seperti electric trolley.

Cara Kerja Plain Trolley Manual dan Electric 

plain-trolley-2-ton

Seperti sudah disinggung di atas bahwa plain trolley 1 ton hingga 5 ton biasanya terbagi ke dalam 2 jenis jika dilihat dari cara kerjanya, yaitu plain trolley electric dan manual. Dari sini kita tentu sudah bisa menebak perbedaannya. Electric trolley biasanya diaplikasikan dengan memanfaatkan tenaga listrik, sedangkan plain trolley manual memakai tenaga manusia. Pengoperasian plain trolley 1 ton maupun plain trolley 2 ton untuk manual juga sebenarnya cukup mudah.

Untuk manual, Kamu harus menyambungkan electric chain hoist, lever block atau chain block yang nantinya disambungkan dengan plain trolley jika akan memakainya untuk aplikasi muat barang. Berbeda lagi jika Anda hanya menggunakannya untuk memindahkan dan mengangkat beban yang berat, cukup gabungkan antara chain block dengan plain trolley.

Operasi alat untuk memindahkan barang secara manual ini biasanya cukup dengan menarik maupun mendorong barang yang digantungkan pada plain trolley 1 ton. Pengoperasian trolley manual ini dilakukan memakai tenaga manusia. Umumnya bisa dipasang dalam tipe rel wide flange, I-Beam, maupun H-Beam untuk menyangga.

Anda bisa memasang plain trolley 1 ton dengan mudah dan bisa digerakkan selama Anda tinggal di jalur rel. Di samping itu juga, Anda bisa menggerakkannya ke bagian depan atau belakang menyesuaikan konstruksi proyek yang akan dibangun.

Dalam aplikasi industri, biasanya plain trolley 1 ton maupun plain trolley 2 ton dioperasikan dengan disambungkan bersama chain block manual maupun listrik.

Aplikasi Plain Trolley Untuk Aktivitas Industri Anda 

plain-trolley-2-ton

Kita tahu bahwa plain trolley terdiri dari ukuran dan kapasitas yang berbeda, mulai dari plain trolley 1 ton, plain trolley 2 ton, plain trolley 3 ton, hingga 5 ton. Hal ini biasanya menyesuaikan kapasitas beban yang diangkat ditambah dengan lebar troli yang dapat diubah  agar sesuai dengan kapasitas dan spek barang yang ingin dipindahkan atau diangkat. Selain itu, ketahui beberapa hal terkait plain trolley yang akan Anda pilih :

  1. Meskipun terdiri dari berbagai macam ukuran, tapi plain trolley memiliki berat yang tak terlalu besar. Bobotnya bisa dibilang kurang lebih sekitar 4kg.
  2. Untuk plain trolley 1 ton bisa mengangkat kapasitas beban 500 kg, plain trolley 2 ton untuk beban 1 ton, begitupun seterusnya hingga mencapai kapasitas beban 5 ton yang dapat diangkat oleh trolley ini.
  3. Plain Trolley dalam operasinya dapat disetting menyesuaikan balk yang datar atau rata.
  4. Trolley menawarkan berbagai macam flens dengan lebar tertentu.
  5. Biasanya trolley memiliki helm pengaman dan bumper.
  6. Memiliki bagian roda berbahan baja yang dipanaskan dan dikeraskan yang juga dilengkapi oleh bantalan bola tertutup. Karenanya bisa memperpanjang usia trolley sekaligus perawatannya lebih ramah.
  7. Terdapat suspender, berguna sebagai penghubung dan biasanya sering disebut sebagai sebuah suspensi hook.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, tentu sedikit banyaknya Anda bisa memahami penggunaan plain trolley itu sendiri.

Mengenal Kapasitas Plain Trolley

Meskipun kita sudah membahas terkait kapasitas plain trolley dan ukurannya di atas, tetap saja Anda harus mengetahui hal-hal di bawah ini :

  • Plain trolley 1 ton, jenis plain trolley ini digunakan untuk memindahkan barang yang tentu saja beratnya tidak melebihi trolley itu sendiri yakni sekitar kurang dari 1 ton.    
  • Plain trolley 2 ton, dengan kapasitas yang lebih besar dari plain trolley 1 ton bisa menyesuaikan kapasitas beban atau barang yang lebih berat lagi. Biasanya untuk memindahkan barang dengan kapasitas sekitar  500 kg hingga 1, 5 ton.
  • Plain trolley  3 ton, Kapasitas trolley ini lebih besar lagi untuk aktivitas pemindahan barang karena Anda bisa menggunakannya pada benda yang beratnya di atas 1-2 ton.
  • Plain trolley 5 ton, trolley ini sangat efektif digunakan jika Anda membutuhkan pemindahan barang yang beratnya lebih besar, misalnya mencapai 4 ton. Jika kapasitas beban muatan Anda tidak terpenuhi oleh plain trolley 1 ton hingga 4 ton, maka Anda bisa memilih alat ini.

Dengan adanya mengetahui kapasitas trolley di atas, tentu saja Anda bisa memilih trolley sesuai muatan barang yang akan dipindahkan menggunakan alat ini. Apakah Anda membutuhkan plain trolley 1 ton untuk keperluan pemindahan barang yang ringan atau justru plain trolley 2 ton bahkan 5 ton? Silahkan sesuaikan sesuai operasi kerja Anda.

Selain itu, jika anda membutuhkan plain trolley 1 ton untuk aktivitas Anda, harus tetap menjaga keselamatan dan keamanan penggunaan trolley itu sendiri. Adapun tips yang paling tepat dalam pemakaian plain trolley 1 ton sampai 5 ton ialah dengan mempelajari buku manual atau petunjuk yang biasanya diberikan oleh pihak penjual. Seperti ketika Anda membeli produk trolley di Megajaya.co.id.

Sebagai distributor resmi alat-alat lifting terbaik, Megajaya.co.id selalu memberikan yang terbaik mulai dari kualitas produk hingga kualitas pelayanan kepada para pembelinya. Bahkan plain trolley 1 ton yang tersedia di Megajaya juga sudah dilengkapi manual book atau Anda bisa langsung konsultasikan kebutuhan Anda kepada Kami! Anda juga bisa mengunjungi halaman plain trolley untuk melihat detail produk selengkapnya. Cek disini!