Artikel, Turnbuckle

Membangun Sistem Jaring Pengaman (Netting System) untuk Berbagai Bidang

Jaring Pengaman (Net System)

Netting system atau sistem jaring bisa diterapkan ke dalam berbagai macam bidang, mulai dari bidang konstruksi, olahraga, pertanian, pertahanan hingga keamanan. Untuk memahami lebih jauh tentang netting system atau sistem jaring  ini, simak ulasan artikel lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Sistem Jaring Pengaman 

Sistem jaring pengaman merupakan sistem yang didesain untuk melindungi lokasi atau area tertentu terhadap hal-hal yang tidak anda inginkan, misalnya terjatuhnya manusia atau benda dari ketinggian. Biasanya sistem netting ini terdiri atas jaring dari material yang tahan lama dan kuat seperti bahan sintetis atau kawat baja, yang diikat kemudian dipasang ke dalam struktur penyangga, berupa dinding atau tiang.

Sistem jaring pengaman ini bisa anda manfaatkan di berbagai bidang, baik itu olahraga, konstruksi, peternakan, pertanian hingga industri. Dalam bidang konstruksi, contohnya dipakai untuk menjaga atau melindungi para pekerja yang lingkungan kerjanya di atas ketinggian. Selain itu, bisa juga melindungi para pejalan kaki yang ada di bawah lokasi konstruksi.

Sementara itu, dalam bidang olahraga, biasanya sistem jaring pengaman dipakai untuk melindungi para penonton. Bisa juga untuk menahan raket atau bola yang bisa saja keluar area permainan. 

Tidak hanya itu, sistem jaring pengaman bisa juga diaplikasikan pada kebutuhan rumah tangga, yang digunakan untuk menjaga dan melindungi anak-anak agar tidak terjatuh dari tangga atau tempat tidur. 

Dalam pemakaiannya, sistem jaring pengaman ini wajib mempertimbangkan banyak faktor, antara lain daya tahan atau kekuatan dari bahan jaring, keandalan dan kekuatan struktur penyangga, dan faktor kenyamanan serta keselamatan pengguna. Sehingga sistem netting yang baik wajib dipasang dan dirancang dengan benar.

Net System di Bidang Perikanan

Net system dalam bidang perikanan yaitu sebagai alat untuk menangkap ikan, terdiri atas alat bantu dan jaring untuk menairk jaring hingga ke permukaan air. Pemakaian net system di bidang perikanan membutuhkan sistem pengelolaan dengan baik guna memastikan keberlanjutan terhadap sumber daya perikanan. 

1. Fungsi 

Fungsi Net system dalam bidang perikanan ialah untuk dapat menangkap ikan maupun sumber daya lainnya yang ada di dalam laut. Dengan adanya sistem jaring ini memungkinkan para nelayan dapat menangkap ikan dengan efisien dan secara massal. Net system bisa memberikan kontribusi secara signifikan untuk memenuhi keperluan pangan masyarakat sekaligus dapat meningkatka kesejahteraan perekonomian para nelayan. 

Hanya saja, pemakaian net system juga memberikan dampak negative terhadap sumber daya ikan dan lingkungan laut, antara lain dapat merusak habitat di laut, menangkap ikan-ikan kecil yang usianya belum matang serta bisa mengancam keberlangsungan ikan. 

2. Proses Pemasangan

a. Alat & Bahan

alat-dan-bahan-net-system

Berikut ini beberapa peralatan dan bahan yang anda perlukan untuk pemasangan net system dalam bidang perikanan, yaitu : 

  • Jaring, sebagai bahan utama untuk memasang net. Biasanya jaring yang dipakai berbahan dasar nylon. Sementara itu, anda bisa memilih ukuran jaring sesuai ukuran dari ikan yang aka ditangkap.
  • Tali Pengait, biasanya untuk mengikat net atau jaring ke dalam pelampung, sekaligus sebagai penghubung antara perahu atau kapal dengan jaring. Umumnya, tali pengait terbuat dari material sintetis yang tahan lama dan kuat seperti tali nylon
  • Pelampung, untuk menjaga supaya jaring tetap bisa mengapung.
  • Alat pengait, untuk mengikat net atau jaring pada pelampung maupun tali pengait. Untuk alat pengait yang dipakai biasanya berupa mesin pengait atau pengait tangan. 

b. Cara Membuat

Untuk membuat net di bidang perikanan, ada beberapa tahapan yang harus anda lewati berikut ini :

  • Tahap Perencanaan

Tahap ini untuk mempertimbangkan lokasi pemasangan net system, jenis ikan, ukuran net dan juga kondisi lingkungan. Di samping itu, anda juga harus mempertimbangkan faktor keamanan juga ketersediaan dari sumber daya. 

  • Persiapan

Selanjutnya yaitu tahap persiapan, mencakup pengadaan alat dan bahan yang diperlukan, seperti tali, alat pengait, pelampung dan jaring. 

  • Pemasangan Jaring

Jika sudah melewati tahap persiapan, selanjutnya memasang jaring. Anda harus memasang jaring dengan hati-hati supaya net system bisa berfungsi baik. Selain itu, jaring juga harus anda letakkan pada permukaan air, kemudian ikat kuat pada pelampung serta tali pengait. 

  • Memasang Tali Pengikat

Selanjutnya memasang tali pengikat dengan posisi atau jarak yang ideal supaya jaring bisa tegang maupun tidak mengendur. Di samping itu, tali pengikat yang anda pasang harus tahan lama dan kuat. 

  • Uji Coba

Jika sudah memasang tali pengikat, selanjutnya melakukan tahapan uji coba. 

Net System Di Bidang Penangkaran Burung

1. Fungsi 

Fungsi utama net system dalam bidang penangkaran burung yaitu sebagai sebuah alat penjaga atau pengaman supaya burung-burung tidak terlepas atau terbang. Dengan adanya net system bisa membantu mempermudah pengawasan dan juga pengelolaan terhadap burung-burung. 

2. Proses Pemasangan

a. Alat & Bahan

alat-dan-bahan-net-system-penangkaran-burung

Dalam pembuatan net system pada penangkaran burung, maka ada beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain : 

  • Netting atau kain jaring, umumnya dipakai untuk melakukan penangkaran burung, dan umumnya terbuat dari material polyester atau nylon, serta mempunyai ketahanan cukup baik dari paparan sinar matahari dan cuaca. 
  • Tiang-tiang, tiang digunakan sebagai penyangga pada kain jaring untuk pembentukan net system. Tiang tersebut umumnya terbuat dari material kayu atau besi. 
  • Gunting, untuk memangkas kain jaring sesuai ukuran yang tepat. 
  • Peralatan lainnya, seperti ferrule, wire rope, dan turnbuckle.

b. Cara Membuat

Langkah-langkah dalam pembuatan net system di bidang penangkaran burung, adalah sebagai berikut : 

  • Silakan tentukan area atau bagian yang akan anda tutupi menggunakan jaring, dimensi area dan luasnya.
  • Persiapkan kayu atau tiang sebagai tempat untuk memasang jaring. Silakan pasang kayu atau tiang di titik-titik tertentu.
  • Potong pipa PVC sesuai dimensi area tertentu yang akan anda tutupi. Silakan buat pipa PVC ke dalam 2 bagian hingga sama panjang. Jangan lupa lakukan pengeboran lubang pada ujung pipa.
  • Selanjutnya, masukkan kawat berbahan galvanis pada pipa yang telah dibuat lubang pada ujungnya. Lalu pastikan kawat masuk sempurna ke pipa PVC.
  • Setelah itu, pasang jaring yang ada diantara kayu atau tiang, jangan lupa masukkan pipa yang ada kawat galvanisnya di samping bawah dan atas jaring.
  • Kemudian pasang ferrule zip ke kayu atau tiang dan juga jaring agar pemasangan jaring lebih kuat. 
  • Pakai penjepit kawat yang dapat menahan kawat berbahan galvanis tadi ke dalam jaring supaya tidak terlepas. 

Sistem jaring yang sudah anda buat, kini sudah siap dipakai untuk penangkaran burung. Lakukan perawatan dengan berkala supaya jaring tetap awet dan kuat. 

Net System Di Bidang Warehouse (Netting rack Gudang)

Net system dalam bidang warehouse di dalam sistem penyimpanan barang memakai rak netting biasanya disebut juga dengan istilah netting rack. Umumnya netting rack ini terdiri atas bingkai logam yang memiliki jaring-jaring kawat tersambung antara bingkai. Biasanya sistem ini dipakai di rak Gudang untuk penyimpanan. 

1. Fungsi 

Net system atau netting rack mempunyai beberapa fungsi dalam bidang ware house,antara lain: 

  • Dapat memaksimalkan pemakaian ruang penyimpanan pada Gudang melalui pemasangan rak di langit-langit atau dinding sehingga dapat menyediakan tambahan tempat peyimpanan yang tidak terpakai sebelumnya. 
  • Mempermudah aksesibilitas pada barang-barang tertentu yang disimpan karena tidak membutuhkan alat tambahan untuk angkat, seperti lift atau tangga.
  • Adanya netting rack memungkinkan dapat mengecek isi rak tepat dari samping, karenanya dapat mempermudah identifikasi barang tertentu yang disimpan. 
  • Barang-barang tertentu yang anda simpan bisa dikelompokkan berdasarkan jenis atau kategorinya, karenanya dapat mempermudah pemindahan dan pengelolaan barang. 
  • Pemakaian netting rack juga bisa meminimalisir biaya sistem penyimpanan atau pengadaan rak karena rak Gudang bisa dipasang di langit-langit atau dinding yang tidak terpakai sebelumnya. 

Melalui netting rack di warehouse atau Gudang, maka pihak pengelola Gudang bisa memaksimalkan tempat penyimpanan, meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan barang, aksesibilitas, dan juga dapat menekan biaya pengadaan pada sistem penyimpanan barang yang lebih mahal dan besar. 

2. Proses Pemasangan

  1. Alat & Bahan

Jika anda ingin memasang sekaligus memakai net system dalam pergudangan, maka ada beberapa peralatan yang anda butuhkan, diantaranya : 

  • Jaring yang fleksibel
  • alat rigging seperti eye bolt dan turnbuckle.
  • Bor, untuk melubangi langit-langit atau dinding dalam pemasangan sekrup maupun baut. 
  • Alat ukur, seperti meteran, mistar atau penggaris beserta alat penanda yang digunakan untuk menandai jarak dan posisi antara langit-langit/dinding dengan rak netting. 
  • Kunci inggris dan obeng, dipakai untuk melepas dan memasang sekrup atau baut untuk pemasangan rak.
  • Tang, yang dipakai untuk memotong maupun mengencangkan kawat netting apabila dibutuhkan.
  • Tangga atau lift, untuk pemasangan rak netting di dinding atau langit-langit tinggi. 
  • Peralatan keselamatan, antara lain sepatu safety, helm, kacamata safety dan sarung tangan dengan tujuan melindungi para penggunanya dari kecelakaan atau bahaya yang bisa saja terjadi saat pemasangan. 

Di samping itu, ketika anda memakai netting rack, maka harus memperhatikan petunjuk dan panduan pemakaian yang telah disediakan pihak pemasok maupun produsen guna memastikan pemakaian dengan efektif dan aman.

  1. Cara Membuat

Di bawah ini ada beberapa langkah yang diperlukan dalam pembuatan netting system dalam bidang warehouse, atara lain : 

  • Persilakan bahan dan alat yang diperlukan, antara lain baut, rak netting, tang, bor, alat penanda dan ukur, juga alat keselamatan.
  • Silakan tentukan posisi pada rak netting yang ada di warehouse atau di Gudang, dengan cara mempertimbangkan berat dan ukuran barang yang anda simpan berikut jarak yang diukur untuk tiap rak.
  • Memasang sekrup atau baut di langit-langit maupun dinding pada area yang sudah anda tentukan menggunakan jarak yang dibuat sama untuk dapat menopang rak. 
  • Memasang rak netting, caranya dengan mengaitkan tali atau kawat netting ke dalam sekrup atau baut menggunakan tang. Selain itu, pastikan rak sudah terpasang kuat dan stabil.
  • Selanjutnya uji kestabilan dan kekuatan rak netting, caranya dengan menyimpan dan memuat semua barang-barang pada rak.
  • Jika sudah, pastikan memakai rak netting secara aman sesuai petunjuk pemakaian yang tersedia oleh pemasok atau produsen. Ingat, untuk tidak melebihi kapasitas bobot atau beban yang dianjurkan. Cek kestabilan dan kekuatan rak netting dengan berkala agar kerusakan atau kecelakaan dapat dicegah. 

Melalui langkah-langkah tersebut di atas, maka rak netting atau netting system bisa dipasang secara aman guna memaksimalkan pemakaian ruang penyimpanan. 

Mega Jaya jual bahan pembuatan sistem jaring pengaman (Net System)

Apakah anda membutuhkan alat-alat untuk memasang sistem jaring pengaman, seperti wire rope, turnbuckle, ferrule? Jika ya, beli bahannya sekarang juga hanya di Mega Jaya. Megajaya.co.id adalah distributor peralatan pembuatan sistem jaring pengaman yang menawarkan harga kompetitif dengan kualitas terjamin. Pesan sekarang juga peralatan netting di Mega Jaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *