Artikel, Hoist

Temukan Informasi Cara Membuat dan Cara Mengoperasikan Hoist Crane!

cara mengoperasikan hoist crane

Hoist crane merupakan salah satu jenis alat yang umum dipergunakan dalam dunia industri? Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan hoist crane? Bagaimana cara kerja dan cara mengoperasikannya?  Apa saja aplikasinya dalam dunia industri? Temukan segala informasi perihal hoist crane seperti berikut ini untuk membantu Anda lebih mengenal dan memahami pentingnya pemilihan jenis hoist pada crane yang tepat.

Pengertian dan Aplikasi Hoist Crane

Sebelum mencari tahu cara kerja hingga cara mengoperasikan hoist crane, terlebih dahulu Anda perlu memahami perihal crane untuk hoist itu sendiri. Alat ini tersusun atas kata hoist dan crane. Secara bahasa, hoist dapat diartikan sebagai katrol atau alat untuk mengangkat dan menurunkan benda berat yang sulit untuk diangkat secara manual.

Di sisi lain, crane secara umum merupakan alat transportasi pemindahan barang yang berukuran sangat besar. Crane atau krane umumnya dapat kita temukan di area terbuka. Cara dan prinsip kerja dari kedua alat tersebut dapat disatukan menjadi satu kesatuan yang bermakna sehingga muncullah apa yang dinamakan hoist crane. Cara kerja hoist crane adalah memindahkan beban berat dari satu tempat ke tempat lain dengan beberapa jenis pergerakan yaitu maju, mundur, kiri, kanan, atas, dan bawah.

Penggunaan hoist crane dalam pabrik (ecvv.com)

Dalam dunia industri, hoist crane dapat dipergunakan dalam berbagai jenis area, misalnya industri makanan dan minuman, gudang penyimpanan, workshop atau bengkel, manufaktur, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Crane Hoist

Hoist crane memiliki sifat custom dimana spesifikasi akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan di lapangan. Prinsip cara kerja alat itu sendiri adalah mengangkat beban dengan memanfaatkan drum atau roda dengan tali atau sling yang melilit pada drum tersebut. Drum tersebut dapat digerakkan menggunakan daya listrik dan dalam beberapa tipe menggunakan sistem operasi manual. Media pengangkat yang dipergunakan bisa berupa rantai, tali, ataupun kawat sling.

Mekanisme hoist crane (Sumber: pinterest)

Cara mengoperasikan hoist crane yang tepat dan sesuai prosedur merupakan hal awal yang harus Anda ketahui. Ikuti dan patuhi standar pengoperasian hoist seperti berikut ini:

  1. Dilarang membawa beban yang melebihi daya angkat maksimum dari hoist  tersebut
  2. Operator wajib menggunakan alat keamanan seperti helm dan safety shoes saat mengoperasikan hoist crane
  3. Sebelum proses pengangkat dimulai, pastikan kestabilan dan keseimbangan beban serta alat bantu angkat yang dipergunakan
  4. Awal pengangkatan beban tidak boleh dilakukan  secara tiba-tiba
  5. Setelah proses pengangkatan selesai, pastikan untuk melepas alat bantu angkat dari hook/pengait, hook berada pada ketinggiaan dua meter agar tidak terbentur pekerja, dan hanya menghentikan hoist crane pada tempat yang telah ditentukan
  6. Melakukan pengecekan secara teratur. Pengecekan ini meliputi:
  • Pengecekan operasional fungsi dari limit switch
  • Pengecekan operasional komponen hidrolik dan pneumatik
  • Pengecekan operasi mekanik
  • Pengecekan kondisi hook/pengait beserta komponennya seperti baut, pengaman, dan pin pengunci
  • Pengecekan hoisting rope
  • Pengecekan berbagai jenis sambungan seperti mur dan baut
  • Pengecekan komponen rel
  • Pengecekan komponen mekanik
  • Pengecekan komponen pasak
  • Pengecekan komponen tali drum
  • Pengecekan komponen motor
  • Pengecekan komponen rantai
  • Pengecekan komponen kelistrikan seperti pada panel control

7. Melakukan uji fungsi secara keseluruhan minimal 1 kali satu tahun yang dilakukan pada saat re-sertifikasi alat.

Cara Memperbaiki Crane Hoist

Selain mengetahui cara mengoperasikan hoist crane, Anda juga perlu mengetahui cara memperbaikinya. Masalah atau kerusakan dapat terjadi kapan saja, dan dengan mengetahui cara memperbaiki alat tersebut secara mandiri, Anda dapat menghindari pengeluaran biaya perbaikan yang tidak perlu. Namun apabila masalah yang dihadapi merupakan masalah yang serius, hubungi para professional untuk melakukan perbaikan untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Beberapa masalah umum yang mengganggu proses kerja hoist crane serta cara memperbaikinya adalah:

1. Kecepatan kerja hoist crane menurun

Apabila kecepatan kerja hoist crane menurun, maka ada beberapa cara memperbaiki alat tersebut yang dapat Anda coba. Hal pertama adalah memastikan daya listrik sudah sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi alat ini. Apabila daya yang ada sudah sesuai maka bisa jadi ada permasalahan dengan aliran listrik dan hal ini membutuhkan pengecekan lebih lanjut.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek kembali berat beban yang diangkat. Pastikan berat beban tidak melebihi kapasitas daya angkat hoist crane.

2. Crane hoist mengeluarkan suara berdengung yang tidak biasa

Cara memperbaiki hoist crane untuk masalah ini adalah  dengan melakukan pengecekan daya listrik apakah telah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Selain itu, lakukan pengecekan terhadap sambungan kabel yang dipergunakan. Pastikan juga rantai atau alat bantu angkat yang dipergunakan benar-benar bersih.

3. Crane hoist tidak bisa naik/turun

Dalam kondisi seperti ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai bagian dari cara memperbaiki hoist crane. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi resistor, lalu mengecek diode bridge, mengecek remote crane, dan langkah terakhir adalah mengecek kontaktor. Pengecekan dilakukan secara bertahap, apabila ditemukan kerusakan pada salah satu alatnya maka perlu segera dilakukan perbaikan atau pergantian alat.

Selain berbagai permasalahan tersebut, masalah lain yang bisa terjadi adalah kerusakan pada kawat sling, ketidakseimbangan pada sistem runway, roda pemutar yang aus, permasalahan dengan sistem kelistrikan, dan lain-lain. Beberapa masalah tersebut seperti roda pemutar yang aus dapat diatasi atau dihindari dengan melakukan pengecekan secara teratur.

 

Roda pemutar pada hoist crane (Sumber: mazellacompanies.com)

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah yang sering muncul pada hoist crane adalah dengan memastikan bahwa peralatan yang dipergunakan adalah peralatan yang benar-benar tepat dan sesuai kebutuhan. Hal ini mengacu pada berbagai hal mulai dari pemilihan jenis hoist yang tepat, proses konstruksi yang sesuai dengan jenisnya, dan tentu saja pemilihan komponen yang berkualitas. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan menggunakan komponen yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga membuat peralatan menjadi bermasalah dan menghambat produktivitas kerja.

Cara Tepat Pemenuhan Kebutuhan Hoist Crane

Selain mengetahui berbagai hal perihal peralatan ini mulai dari cara kerja dan cara mengoperasikan hoist crane, serta cara memperbaiki hoist crane yang bermasalah, hal penting lain yang tidak boleh diabaikan adalah pemilihan tempat pembelian ragam kebutuhan yang berkaitan dengan hoist crane.

Pastikan untuk membeli semua kebutuhan tersebut di tempat terpercaya, yaitu tempat yang menjual produk hoist yang berkualitas serta didukung oleh tim yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam dunia industri. Dalam hal ini, Megajaya adalah jawabannya. Megajaya akan membantu Anda menemukan bagian atau komponen yang benar-benar sesuai kebutuhan. Megajaya juga siap membantu dengan layanan servis gratis dan garansi untuk setiap produk yang disediakan, untuk memastikan pekerjaan Anda berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien.