Artikel, Kategori Lainnya

Jenis Alat Bengkel Yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Bengkel Mobil

Jenis alat bengkel untuk bisnis bengkel mobil

Bengkel atau workshop adalah tempat yang digunakan untuk memperbaiki produk otomotif seperti motor atau mobil yang mengalami kerusakan sekaligus merawat kendaraan bermotor supaya tetap nyaman dan awet ketika digunakan. Karena itulah, untuk menunjang aktivitas reparasi produk otomotif, biasanya diperlukan berbagai macam alat bengkel dengan fungsi yang berbeda.

Dalam aktivitas perbaikan bongkar pasang mobil atau motor, setiap mekanik atau montir pasti memakai peralatan bengkel. Selain itu, tentu saja peralatan tersebut memiliki jumlah yang tidak sedikit. Sebab, alat bengkel mempunyai banyak variasi fungsi dan bentuk yang berbeda.

Akan tetapi, biasanya peralatan bengkel dalam bisnis bengkel dikategorikan ke dalam dua jenis, diantaranya machine tools atau peralatan mesin dan hand tools atau peralatan tangan. Hand tools merupakan peralatan yang dipakai dengan cara manual memakai tenaga manusia. Sementara, machine tools adalah peralatan yang pemakaiannya dibantu menggunakan tenaga pendukung, baik itu energi listrik maupun tenaga angin.

Pengertian Alat Bengkel

Alat bengkel adalah peralatan yang biasanya dipakai untuk memudahkan perbaikan, pembongkaran, dan pemasangan komponen mesin kembali. Ini artinya, alat bengkel berfungsi untuk mengencangkan dan membuka baut terhadap murnya maupun sebaliknya. Peralatan bengkel sebaiknya multifungsi, tujuannya agar tidak hanya dipakai pada kendaraan roda empat saja, tetapi juga dapat digunakan untuk memperbaiki sepeda, motor, furniture, berbagai macam bagian rumah dan yang lainnya.

Fungsi Alat Bengkel Sebagai Penunjang Kebutuhan

Fungsi Alat Bengkel Sebagai Penunjang Kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam bengkel kerja bangku atau otomotif ada 2 macam alat bantu untuk pekerjaan bengkel yaitu alat bertenaga dan alat tangan. Keduanya memiliki tenaga penggerak yang berbeda, untuk alat tangan biasanya digunakan dengan cara mengandalkan tangan atau tenaga manusia, sementara power tools digunakan dengan memakai bantuan mesin, yakni mesin gerinda yang bisa berputar.

Kunci merupakan alat yang biasanya dipakai untuk penguncian dan membuka otomotif atau perkakas rumah tangga, seperti kunci lemari, pintu, laci maupun yang lainnya. Selain itu, kunci pada peralatan bengkel juga mempunyai fungsi serupa yaitu untuk mengencangkan dan membuka sebuah baut pada murnya.

Dengan kata lain bisnis bengkel mobil atau motor seharusnya sudah memiliki alat alat bengkel lengkap untuk menunjang aktivitas pekerjaan bengkel. Untuk alat-alat yang digunakannya, akan dibahas di bawah ini!

Perkembangan Bisnis Bengkel Mobil

Bisnis bengkel mobil saat ini menjadi peluang usaha menjanjikan yang layak diperhitungkan. Karena para pemakai kendaraan pribadi terutama mobil, kini semakin meningkat setiap tahunnya. Selain itu, produsen otomotif juga seringkali meluncurkan berbagai produk yang kian mumpuni.

Jumlah mobil yang kian meningkat bahkan setiap tahunnya, hal tersebut tentu saja membuka celah lebih luas untuk para pelaku bisnis. Kendaraan pasti memerlukan perawatan rutin, karenanya peluang bisnis ini menjanjikan keuntungan. Bahkan ke depannya prospek bisnis bengkel mobil masih sangat menjanjikan. Mengingat perawatan dan perbaikan mobil telah menjadi kebutuhan yang terus menerus. Supaya kondisi kendaraan tetap prima serta bisa berfungsi baik, tentu saja kondisi mobil harus dilakukan pengecekan dengan cara berkala.

Dapat disimpulkan bahwa perkembangan bisnis bengkel mobil dari waktu ke waktu. Bengkel mobil sendiri umumnya bisa untuk seluruh tipe maupun merk mobil, diantaranya berupa layanan modifikasi interior dan eksterior mobil, salon mobil, sparepart mobil atau car spa, sampai layanan reparasi panggilan.

Alat-alat yang dibutuhkan Untuk Bisnis Bengkel Mobil

Alat-alat bengkel mobil

Ada beberapa jenis alat bengkel yang banyak digunakan dalam bisnis bengkel kendaraan roda empat, diantaranya sebagai berikut :

1. Kunci Pas

Kunci pas atau open end spanner biasanya dibuat dari material baja tensil yang tinggi, sebagai logam paduan dari Chrome Vanadium. Ini adalah salah satu alat bengkel yang memiliki shank atau tangkai dan kepala di tiap-tiap ujung membentuk sudut sebesar 15 terhadap bagian tangkainya.
Fungsi kunci pas adalah untuk melepas mur atau baut yang telah dikendorkan memakai ring atau kunci socket. Kunci pas bisa melepas baut dalam waktu yang cepat. Tidak boleh mengendorkan atau mengencangkan baut maupun mur yang masih kencang memakai kunci pas, sebab bisa merusak mur/baut, karena bidang sentuhnya sedikit. Biasanya kunci pas memiliki ukuran kepala yang berbeda antar setiap sisinya, seperti berukuran 9 mm serta berukuran 10 mm.

2. Kunci Ring

Peralatan bengkel lainnya adalah kunci ring. Kunci ring memiliki tekanan lebih kuat dibandingkan kunci cocok. Karenanya sangat sesuai diaplikasikan untuk mengunci dan membuka baut juga mur yang memiliki torsi besar. Bentuk kunci ring adalah berbentuk bundaran dengan gigi di bagian lubangnya. Tujuan dari gigi-gigi ini agar pengikatan ke bagian kepala baut maupun mur menjadi lebih kencang.

3. Kunci Inggris

Kunci inggris merupakan peralatan bengkel yang biasanya dipakai untuk membuka dan mengunci mur dan batu yang berdimensi besar. Memiliki bentuk rahang dapat disetel. Dengan demikian, kunci inggris dapat dipakai untuk melepas dan mengencangkan baut untuk menjajaki dimensi mur maupun bautnya.
Adapun metode pemakaiannya adalah dengan meletakkan rahang ke dalam baut yang akan dilepas dan dikencangkan lebih dulu. Jika sudah, putar ulirnya untuk mengepaskan dimensi pada kepala baut maupun murnya sampai terkunci.

4. Kunci Roda

Kunci roda biasanya dipakai untuk memasang mur atau pelak kembali pada roda sekaligus untuk melepaskannya. Biasanya alat bengkel ini memiliki 3-4 ujung socket yang memiliki ukuran berbeda. Oleh karenanya membuat kunci roda sangat cocok untuk banyak kegunaan pada kendaraan.

5. Kunci Sock Bintang

Kunci ini sekilas mirip seperti kunci sock berbentuk segi enam ganda, tapi memiliki kepala baut berbeda. Pemakaian serta kelengkapan lainnya bisa dibilang mirip seperti kunci sock pada umumnya.

6. Kunci T

Peralatan bengkel lainnya adalah kunci T yang biasanya dipakai untuk membuka sekaligus mengencangkan baut di area yang sulit dijangkau kunci ring dan pas. Umumnya baut letaknya sedikit menjorok ke bagian dalam pada permukaan. Kunci T memiliki bentuk berupa soket dengan gagang pemutar di bagian ujungnya.

7. Dongkrak Botol

Dongkrak botol sesuai namanya mirip seperti botol. Dongkrak botol atau bottle jack berfungsi untuk mengangkat mobil atau motor dalam ketinggian tertentu, dengan tujuan bisa melakukan perbaikan tepat di bawah kendaraan.

Pemakaian bottle jack bisa dimasukkan ke kendaraan untuk dijadikan perlengkapan utama yang mutlak diperlukan untuk mengganti ban atau roda ketika ban bocor atau kempes. Untuk mendongkrak kendaraan, maka dongkrak perlu diletakkan dengan arah tegak lurus bersama torak pengangkatnya agar tidak bengkok.

8. Dongkrak Buaya

Biasanya dongkrak buaya banyak dipakai di bisnis bengkel mobil saja, tetapi juga selalu tersedia di garasi, karena kini telah tersedia ukuran kecil yang bisa dibawa dengan mudah di dalam mobil. Adapun keuntungan penggunaan dongkrak buaya dibandingkan dongkrak lainnya yaitu lebih mudah dipakai, karena lebih mudah menggesernya ke posisi sesuai keinginan. Selain itu, diperlukan waktu pengangkatan kendaraan yang lebih cepat.

9. Dongkrak Kereta

Dongkrak kereta termasuk dongkrak yang cukup banyak digunakan untuk mengangkat kendaraan yang lebih berat dibandingkan mobil pada umumnya. Untuk kapasitas angkat dongkrak jenis ini bisa sampai 20 ton. Tidak hanya digunakan pada mobil off road saja, tetapi dongkrak jenis ini yang paling dibutuhkan oleh bisnis bengkel.

10. Dongkrak Ulir

Dongkrak ulir adalah jenis dongkrak yang bekerja dengan cara memanfaatkan sistem kerja pada bidang miring, biasanya diberikan oleh baut berulir agar dapat memberikan daya lebih besar untuk mengangkat. Jenis dongkrak ulir memiliki ciri-ciri seperti dapat digunakan dengan diputar.
Jenis dongkrak ini juga sering disebut sebagai dongkrak gunting sebab memiliki bentuk menyerupai gunting. Biasanya membutuhkan tenaga cukup besar ketika menggerakkannya sebab gerakan memutar cukup menyulitkan penggunaan.

11. Chain Block

Selain dongkrak dan kunci-kunci, bisnis bengkel mobil juga membutuhkan chain block. Chain block adalah alat pengangkat sederhana secara manual dengan memakai roll atau pulley, gear atau roda gerigi, pengait dan chain. Chain block mempunyai bentuk lebih kecil sekaligus cocok untuk aktivitas pengangkatan. Jenis chain block juga sangat bervariasi, dari kapasitas 0,5 ton sampai 50 ton.

12. Lever Block

Selain chain block, jenis hoist lainnya yang harus disediakan di bisnis bengkel mobil adalah lever block. Alat bengkel ini termasuk hoist bertenaga yang memiliki roda ratchet. Peralatan bengkel ini juga bisa diartikan sebagai sebuah alat pengangkat yang portable dan mudah dioperasikan menggunakan tangan. Umumnya dipakai untuk industri pertambangan, pabrik, konstruksi, pertanian, gudang dan perkapalan.

13. Obeng

Alat bengkel yang sangat dibutuhkan di tempat bisnis bengkel lainnya yaitu obeng. Obeng adalah peralatan bengkel dengan fungsi untuk dapat membuka sekrup. Biasanya obeng yang dipakai ialah sejenis obeng min dan obeng plus. Sebab sebagian besar dari sekrup yang ada dalam kendaraan berbentuk kepala baut dengan bentuk min dan plus. Oleh karena itu, tidak sedikit obeng dengan ujung plus serta min pada satu obeng yang bisa dipakai bolak-balik.

14. Tang

Anda bisa mempersiapkan berbagai jenis tang dalam bisnis bengkel. Beberapa diantaranya adalah tang kombinasi, tang potong, tang geser, tang lancip, tang sirklip luar, tang sirklip dalam, serta tang buaya. Fungsi dari tang yaitu sebagai penjepit maupun sebagai pemotong. Oleh sebab itu, dalam penggunaannya menyesuaikan benda atau spare part yang akan dipotong atau dijepit. Selain itu, ada tang cucut, kape (scrap) dan locking pliers yang juga tidak kalah penting bagi bisnis bengkel.

15. Palu

Selain tang, alat bengkel lainnya yang digunakan untuk bisnis bengkel mobil adalah palu. Umumnya setiap bengkel mempunyai 2 jenis palu, diantaranya palu karet dan palu besi. Palu biasanya berfungsi untuk mengetuk paku atau benda tertentu. Akan tetapi, dalam perbengkelan biasanya palu banyak dipakai untuk menghubungkan kunci shock supaya lebih ringan melepas mur dan baut yang berukuran besar.

16. Portable Gantry Crane

Portable gantry crane adalah salah satu alat bantu untuk memindahkan chain block atau lever block yang digauntungkan pada portable gantry crane. Chain block yang digantungkan memerlukan plain trolley yang sudah terpasang di gantry crane tersebut. Fungsi gantry crane adalah untuk mengangkat mesin mobil dan memindahkannya secara sementara.

Hoist dan Dongkrak Lengkap di Megajaya

Apakah anda membutuhkan alat bengkel lengkap untuk bisnis bengkel mobil? Jika ya, anda bisa bekerjasama dengan Megajaya.co.id selaku distributor resmi dongkrak dan hoist baik itu chain block maupun lever block yang siap membantu anda menyediakan kebutuhan dongkrak untuk kendaraan ataupun hoist yang dibutuhkan dalam bengkel. Silahkan cek peralatan bengkel lengkap di Megajaya.co.id sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *