Artikel, Hoist

Ketahui berbagai ukuran lever block dan fungsi lever block untuk industri!

ukuran dan fungsi lever block

Lever block merupakan salah satu jenis alat yang juga umum ditemukan dalam industri konstruksi yang membutuhkan peralatan lifting. Lever block adalah peralatan lifting manual yang dipergunakan untuk mengangkat, menurunkan, dan menarik beban berat tanpa bantuan mesin. Lever block sering juga disebut dengan nama lainnya yaitu lever hoist dan come along.

Informasi Dasar Mengenai Lever Block

Untuk dapat memilih lever block yang tepat dan sesuai kebutuhan, Anda perlu mengenali fungsi lever block, cara kerja, aplikasinya dalam dunia industri, serta berbagai kapasitas atau daya angkat yang tersedia seperti lever block 3 ton dan lever block 1 tahun

Fungsi lever block yang paling utama adalah untuk mengangkat dan memindahkan beban dari satu tempat ke tempat lain. Peralatan ini dapat dipergunakan untuk mengangkat beban pada posisi yang berbeda baik posisi pengangkatan horizontal maupun vertical. Fungsi lever block 3 ton, lever block  1 ton dan lever block dengan tonase atau daya angkat lainnya yang mampu mengangkat beban secara horizontal ini merupakan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh peralatan lifting lainnya seperti chain block atau chain hoist.

Lever block memiliki lever atau pegangan yang terhubung dengan blok berisi mekanisme internal dan juga ratchet bersama-sama dengan load chain yang berputar pada roda internal. Lever hoist ini bekerja dengan cara menggerakkan lever naik turun untuk membuat sistem dan ratchet berjalan dan memindahkan beban. Arah gerak mekanisme internal dapat diatur untuk memindahkan beban naik dan turun sesuai kebutuhan.

lever block

Cara menggunakan lever block (Sumber: megajaya.co.id)

Fungsi lever block telah disesuaikan pada setiap produk dalam arti setiap produk memiliki WLL (working load limit) tertentu. Beban total yang akan diangkat (termasuk peralatan rigging yang dipergunakan), tidak boleh melebihi nilai WLL ini. Nilai WLL untuk setiap produk akan tercetak pada sisi peralatan. Nilai WLL ini sangat bervariasi mulai dari 250 kg hingga 10 ton. Artinya, Anda akan dapat dengan mudah menemukan lever block 3 ton dan juga lever block  1 ton.

Aplikasi dari fungsi lever block dengan berbagai kapasitas daya angkat mulai dari lever block 3 ton ataupun lever block 1 ton dapat ditemukan dalam berbagai jenis industri. Sebagai contoh, industri kehutanan, garasi mobil, pengerjaan pipa, atau pada jenis pekerjaan yang berada dalam area yang sempit.

Jenis Lever Block

Setelah mengenal fungsi lever block 3 ton dan lainnya, Anda perlu mengenal jenis-jenis lever block yang tersedia di pasaran saat ini. Lever block ini dapat dibedakan berdasarkan tonase atau daya angkatnya. Pilihan tonase lever block Toyo sendiri terdiri dari:

  1. Lever Block 0.5 Ton
  2. Lever Block 0.75 Ton
  3. Lever Block 1 Ton
  4. Lever Block 2 Ton
  5. Lever Block 3 Ton
  6. Lever Block 6 Ton
  7. Lever Block 9 Ton

lever block

Lever block Toyo 1 ton (Sumber: megajaya.co.id)

Secara umum fungsi lever block 3 ton tidak berbeda dengan lever block  1 ton ataupun lever block dengan kapasitas tonase lainnya. Panjang rantai atau chain untuk lever block sekitar 1,5-3 meter untuk semua kapasitas tonase. Namun khusus untuk panjang rantai ini bisa dimodifikasi sesuai permintaan dan kebutuhan di lapangan. Hal ini juga menjadi satu kelebihan tersendiri dari peralatan yang satu ini.

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang lever block, Anda juga bisa membaca Panduan Lengkap Penggunaan Lever Block.

Penggunaan Lever Block

Dimana lever block digunakan? Fungsi lever block membuatnya dapat dipergunakan dalam berbagai jenis industri. Untuk industri kecil, Anda dapat menggunakan lever block 1 ton atau kurang dari itu. Sementara untuk industri berukuran menengah ke atas dapat menggunakan lever block 3 ton dan seterusnya.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan lever block? Fungsi lever block akan lebih dirasakan bila Anda menghadapi beberapa situasi seperti:

  • Membutuhkan peralatan yang mampu mengangkat beban secara secara vertical dan horizontal
  • Membutuhkan alat bantu yang dapat dioperasikan dengan satu tangan. Lever block 1 ton dan lever block 3 ton dapat dioperasikan dengan menggunakan satu tangan yang tentu saja membuatnya lebih praktis
  • Membutuhkan peralatan yang ramping dan dapat dioperasikan dalam ruang sempit dan rendah. Ukuran lever block yang ramping membuatnya dapat dipergunakan dalam berbagai tempat termasuk kolong mobil.
  • Membutuhkan peralatan yang bersifat portable alias mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain
  • Tidak memiliki akses listrik. Penggunaan lever block 3 ton yang bersifat portable tentu akan sangat memudahkan pekerjaan yang berada di tempat terpencil dan sulit diakses. Dalam hal ini, fungsi lever block akan membuat proses produksi tetap berjalan dengan biaya yang lebih rendah.

lever block
Contoh penggunaan lever block (Sumber: mcnawabpur.com)

Situasi-situasi tersebut membuat fungsi lever block menjadi lebih dibutuhkan. Umumnya, lever block  3 ton atau dalam tonase yang lebih rendah atau tinggi dipergunakan dalam beberapa jenis pekerjaan seperti saat mengangkat beban berat, menarik conveyor belt untuk membuat sambungan pada proses pemasangan ataupun perbaikan, pemasangan pagar, menarik pipa, dan berbagai jenis pekerjaan lainnya.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Ukuran Lever Block dan Fungsi Lever Block di Industri

Belanja Mudah Lever Block

Untuk bisa menikmati dan mendapatkan fungsi lever block yang sesuai dengan kapasitasnya, baik lever block 3 ton ataupun lever block 1 ton, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan yang ada di lapangan. Setelah itu, Anda perlu mencari tempat terbaik untuk mendapatkan peralatan ini. Dalam hal ini, jangan sampai salah memilih distributor atau penyedia peralatan konstruksi terpercaya. Distributor terpercaya menyediakan produk berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, cocok bagi Anda yang sedang mencari fungsi lever block terbaik.

Lever block Toyo 3 ton (Sumber: megajaya.co.id)

Megajaya  merupakan pilihan terpercaya untuk semua kebutuhan fungsi lever block Anda. Ada berbagai alasan mengapa Anda dapat mempercayakan Megajaya untuk segala kebutuhan, beberapa diantara alasan tersebut adalah:

  • Jenis peralatan yang lengkap. Apapun barang yang Anda butuhkan mulai dari wire rope, hoist, lever block, chain, carabiner, shackle, dan peralatan lain tersedia lengkap disini. Barang-barang yang tersedia berasal dari berbagai brand terpercaya untuk mempermudah Anda menemukan barang yang tepat.
  • Produk lever block tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas. Megajaya menyediakan lever block brand Toyo asli berkualitas yang dibuat dengan menggunakan teknologi Jepang.  Produk yang tersedia seperti lever block 9 ton, lever block 6 ton, lever block 3 ton, dan lever block 1 ton
  • Didukung oleh pelayanan paska pembelian seperti servis gratis dan jaminan uang kembali untuk produk yang rusak, cacat, atau tidak sesuai dengan spesifikasi.
  • Promo dan penawaran menarik

Tunggu apa lagi, penuhi segala kebutuhan fungsi lever block Anda dengan berbelanja di megajaya. Proses belanja bisa dilakukan secara online untuk kemudahan dan kenyamanan Anda semua.