Artikel, Rope

Temukan informasi berbagai jenis tali tambang dan ukuran tali tambang sesuai kebutuhan Anda!

jenis dan ukuran tali tambang

Apakah Anda biasa memakai tali rafia untuk mengikat barang atau menggantung sesuatu? Tali rafia sangat berguna dan mudah untuk ditemukan. Tetapi ada jenis tali yang lebih kuat dan tahan lama untuk berbagai kebutuhan sehari-hari dan industri, yaitu tali tambang.

Anda mungkin melihatnya saat lomba tarik tambang atau di pelabuhan. Ciri khasnya adalah berukuran agak besar dan berwarna coklat. Sebenarnya ada banyak macam-macam tali tambang yang beredar di pasaran.

Macam-macam jenis tali tambang dipakai untuk berbagai kegiatan. Para pendaki gunung membutuhkan tali yang kuat dan lentur untuk mendaki gunung dengan aman. Ukuran tali tambang yang dipakai pun harus sesuai dengan berat tubuh mereka.

Ukuran tali tambang yang lebih kecil tetap kuat dan cocok untuk memproduksi tali anjing, membuat ayunan, hammock, jaring ikan atau olahraga dan untuk mengikat barang-barang pada tempatnya. Tali tambang juga dipakai untuk mendirikan tenda camping dan sebagai alat gantungan. Bahan yang berbeda menghasilkan daya tahan dan kelenturan tali yang berbeda pula.

Ukuran tali tambang yang lebih besar digunakan untuk menderek mobil, sebagai peralatan perkapalan dan industri lainnya. Semakin besar beban yang ada, semakin besar pula diameter ukuran tali tambang yang diperlukan dan tentu saja membutuhkan alat tambahan seperti sling dan winch.

Bahan Tali Tambang

Tahukan Anda apa itu sebenarnya tali tambang? Tali tambang adalah tali yang terbuat dari serat. Ada banyak jenis serat berbeda yang dipintal menjadi satu untuk membentuk sebuah benang. Benang-benang kemudian diuntai menjadi satu untuk membuat sebuah tali tambang yang kuat.

Serat yang dipakai untuk membuat macam-macam tali tambang bisa berasal dari dari tanaman (serat nabati) atau plastik (serat sintetis).

Serat nabati berasal dari sisal, rami, abaca (dikenal sebagai manila), henequen, kapas, rami dan sabut . Jenis tali tambang nabati biasanya dibuat menggunakan serat dari sisal, rami, manila, atau henequen. Ukuran tali tambang yang diproduksi pun berbeda-beda.

Sedangkan jenis tali tambang sintetis pada umumnya menggunakan plastik sebagai bahan pembuatannya. Macam-macam tali tambang sintetis berdasarkan bahan dan fungsinya:

Jenis-Jenis Tali Tambang

A. Tali Manila

tali manila powertec

Jenis tali tambang  yang sering dipakai masyarakat umum adalah yang berbahan manila. Tali manila terbuat dari serat tanaman abacca, sejenis pisang-pisangan banyak yang ditemukan di negara Fillipina. Karena permukaan tali manila yang agak kasar, tali ini cocok sekali dipakai untuk tangga-tangga di kapal.

Harga tali manila relatif lebih murah dibandingkan jenis lainnya dan berguna untuk keperluan outdoor. Keunggulan lainnya adalah: tidak dapat meleleh, memiliki nilai seni tersendiri sehingga banyak orang mempergunakannya untuk dekorasi dan kesenian, tidak mudah pecah dan lentur.

Walaupun jenis tali manila ini biasa dipergunakan untuk dekorasi pagar atau landscaping (pertamanan) karena penampilannya lebih menarik, namun ia tidak cocok untuk peregangan yang berkepanjangan atau bertahan terhadap cuaca ekstrim sehingga tidak sesuai untuk pemakaian industri.

Terdapat bermacam ukuran tali manila yang paling sering digunakan di industri kelautan, dimana tali manila 8mm adalah ukuran yang paling sering digunakan. Selain itu, terdapat ukuran-ukuran lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri Anda yaitu:

Itulah 6 pilihan ukuran tali manila yang ada dipasaran secara umum yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Cari Tahu! Ukuran Tali Tampar & Penggunaannya Di Industri

B. Tali Nilon

tali nilon powertec

Tali tambang nilon terbuat dari serat tali dan pertama kali diciptakan pada tahun 1935 oleh Wallace Hume Carathers, seorang ahli kimia  dari Amerika Serikat. Disebut dengan “miracle fiber” karena sangat kuat, tahan terhadap gesekan dan sangat elastis. Tali nilon sejauh merupakan salah satu yang terkuat dan memiliki tingkat peregangan yang sangat baik.

Jenis tali nilon ini dapat menahan beban yang berat dan sangat ideal untuk sistem katrol dan winch. Ia juga tahan terhadap paparan sinar UV dan bahan kimia sehingga sering digunakan di berbagai industri. Keunggulan jenis tali tambang nilon adalah kekuatan daya tariknya yang hampir tiga kali lipat dari jenis tali tambang berbahan nabati. Nilon tahan air dan kimia serta bekerja dengan baik dalam kondisi lembap. Jenis tali tambang yang terbuat dari nilon dapat menghentikan pembusukan dan pertumbuhan jamur, serta abrasi.

Berbagai kegunaan tali tambang nilon untuk industri di antaranya: transportasi, otomotif, pertambangan, perkapalan, fabrikasi, minyak dan gas, perkebunan (logging), perikanan, konstruksi (crane), bongkar muat dan lainnya dengan berbagai ukuran tali tambang.  Tali nilon memiliki ukuran yang beragam, dari yang terkecil ukuran 4 mm hingga yang terbesar yaitu 72 mm. Cek selengkapnya disini untuk dapatkan info ukuran tali nilon lengkap:

Dengan beragam pilihan ukuran dan kapasitas tali nilon di atas maka tak ada alasan lagi untuk tidak memilih tali nilon ke dalam aplikasi pekerjaan Anda. Pastikan bahwa Anda telah memilih tali nilon sesuai dengan pengaplikasiannya di lapangan.

Baca Juga: Pengertian Tali Nilon, Ukuran, Jenis, Hingga Penggunaan Di Industri

C. Tali PE / Tali Tambang Plastik

tali tambang plastik powertec

Jenis tali tambang PE atau yang lebih dikenal dengan tali tambang plastik adalah jenis tali tambang yang terbuat dari serat sintetis bernama serat Polyethylene. Jenis tali tambang ini mempunyai karakteristik lebih lentur dan bisa dikatakan tidak terlalu kaku.  Karena sifat tali tambang PE berbahan sintetis, maka jenis-jenis tali tambang PE ini cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan tali lainnya. Selain itu, tali PE ini tahan terhadap sinar UV dan bahan-bahan kimia. 1 Rol gulungan tali tambang plastik PE ini biasanya di kisaran 150 meter hingga 200 meter disetiap gulungan rol, diman ketebalan tali tambang plastik PE ini mulai dari 3 mm sampai 24 mm.

Saat dalam keadaan basah, tali PE ini mampu menahan kekuatan beban hingga 120% dan sangat mampu menerima hentakan sedang, karakteristiknya di air ialah mengapung, kemampuan daya tarik hingga stretchnya hingga 15 – 25%, dan memiliki ketahanan terhadap embun air dan juga pembusukan. Namun, Tali tambang plastik ini dapat meleleh pada suhu 135 derajat celsius.

Jenis tali tambang plastik ini sering digunakan sebagai jala untuk menangkap ikan, aktivitas konstruksi ringan, aktivitas outdoor, hingga peralatan rumah tangga seperti tali jemuran, mengikat barang, packaging untuk mengamankan produk dan juga sebagai peralatan olahraga seperti net badminton. Ukuran tali tambang biasanya kecil hingga sedang. Terdapat beberapa ukuran tali tambang plastik yang dapat dipilih:

Beragam pilihan ukuran dan panjang tali tambang plastik di atas yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan bahwa Anda memilih tali tambang plastik di Mega Jaya.

D. Tali Polypropylene

tali pp mono powertec

Tali polypropylene adalah jenis tali tambang sintetis dan keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk menjaga strukturnya saat terendam air maupun lumut. Karena sifat sintetisnya, ia tersedia dalam berbagai warna dan begitu populer di industri kelautan. Jenis tali tambang Ini juga merupakan isolator, bukan konduktor sehingga banyak digunakan oleh tukang listrik. Polypropylene adalah jenis tali tambang yang cocok digunakan sebagai tali tambang kapal, menarik ember dari sumur dan alat-alat lain untuk pelatihan tentara. Namun tali polypropylene tidak berguna untuk tujuan pengangkutan karena tidak memiliki memori peregangan.

Tali polypropylene mempunyai 2 jenis turunan: PP Monofilament yang ukuran seratnya jauh lebih besar dengan permukaan yang jauh lebih kasar dan PP Multifilament yang mempunyai ukuran serat kecil dan permukaan yang halus.

BACA JUGA: 6 Keuntungan Menggunakan Tali Polipropilena  & Industri Yang Menggunakan Tali Polipropilena

Logam / Wire Rope

Saat ini macam-macam tali tambang untuk industri sering dibuat dari bahan logam seperti serat baja atau paduan logam lainnya. Tali jenis ini paling sering digunakan dalam sistem katrol atau derek untuk menciptakan keuntungan mekanis karena fungsinya yang menyebarkan berat beban. Oleh karena itu, mereka sering digunakan dalam industri konstruksi untuk menurunkan beban dan material serta untuk mengangkut barang ke berbagai tingkat seperti pada scaffolding.

Tali Tambang Untuk Kebutuhan Anda

Anda sudah melihat bahan dan kegunaan macam-macam tali tambang. Ada yang dipakai untuk kegiatan rumah tangga sehari-hari seperti tali manila dan nilon. Anda bisa memakainya untuk membuat berbagai macam gantungan dan dekorasi. Gunakan ukuran tali tambang yang sesuai dengan kebutuhan dan desain home improvement Anda.

Jika Anda punya usaha atau kantor, Anda akan membutuhkan tali tambang yang berkualitas untuk menopang kinerja. PT. Sumber Mega Jaya menjual macam-macam tali tambang dari bahan polypropylene rope, braided nylon, sisal rope dan plastik dengan berbagai macam ukuran tali tambang.

Pastikan anda menghubungi kami jika ada pertanyaan dan kebutuhan mengenai macam-macam tali tambang ataupun ukuran tali tambang yang tepat untuk kebutuhan Anda. Caranya mudah, silahkan klik tombol di pojok kanan bawah halaman ini untuk berbicara dengan customer service kami.